Thursday 19 May 2016

Apakah Itu Pelumas?



Pelumas
Pelumas adalah bahan yang dipakai untuk melumasi dua benda yang saling bergesekkan. Pelumas sendiri sebetulnya terdiri atas :
1. Minyak Lumas
Pelumas cair atau oli, tetapi lebih sering disebut sebagai pelumas. Untuk kedepannya saya menyebut
minyak lumas dengan pelumas.
2. Gemuk Lumas
Pelumas padat atau umum disebut grease.

Minyak Lumas atau Pelumas Cair atau Pelumas
Fungsi Pelumas
          Melumasi,yaitu untuk mengurangi gesekan dan keausan
          Mendinginkan dengan memindahkan panas keluar dari komponen mesin/equipment
          Membersihkan dengan menjaga hasil oksidasi tetap tersuspensi dalam bulk pelumas
          Memperpanjang masapaai equipment/engine part
Mencegah kerusakan metal akibat oksidasi dan korosi.
         Sebagai media pemindah tenaga, sealant, insulator, dll.


 Komposisi Pelumas

Gambar 1. Komposisi Pelumas


Bahan baku yang diperlukan untuk membuat pelumas adalah base oil dan aditif. Pencampuran keduanya tidak melibatkan reaksi kimia, akan tetapi untuk mendapatkan performance yang optimal dari pencampuran kedua bahan baku tersebut perlu dipastikan keduanya telah tercampur homogen, saling sinergis atau tidak menunjukkan efek inkompatibilitas dan menunjukkan sifat yang lebih baik daripada sifat masing-masing komponen.

Di beberapa aplikasi, adapula tipe pelumas yang diformulasikan tanpa menggunakan aditif. Pelumas tipe ini disebut straight mineral oil, biasanya dipakai untuk pelumasan circulating tugas ringan.

Base Oil
Base Oil adalah komponen utama dalam pelumas dimana komposisinya antara 80 – 99% tergantung kepada tipe pelumas yang akan dibuat. Menurut American Petroleum Institute (API) Category, base oil dibagi kedalam tipe :
Tabel 1. Tipe Base Oil Menurut API Category

Aditif
Fungsi aditif adalah untuk meningkatkan sifat dasar, mengurangi sifat yang tidak diinginkan, dan menambahkan sifat baru dari base oil.

Gambar 2. Fungsi Aditif


Tipe Aditif

Aditif secara garis besar terdiri atas 2 (dua) tipe, yaitu :
1. Aditif Paket
Aditif Paket adalah aditif siap pakai yang telah diformulasikan untuk memenuhi spesifikasi pelumas tertentu. Aditif paket biasanya terdiri atas beberapa aditif komponen, misal aditif paket turbine terdiri atas aditif komponen rust & oxidation, aditif paket hidrolik, terdiri atas aditif komponen antiwear, anti rust &oxidation dan juga antifoam, dsb.

2. Aditif Komponen 
Aditif Komponen adalah single aditif yang digunakan sebagai penunjuang aditif paket untuk meningkatkan sifat tertentu dalam pelumas yang diformulasikan, misal aditif komponen antioksidan yang ditambahkan untuk meningkatkan ketahanan pelumas terhadap oksidasi, aditif demulsifier yang ditambahkan untuk meningkatkan kecepatan pelumas untuk memisah dari air, dsb.

Berikut sebagai contoh tipe-tipe aditif yang banyak digunakan dalam formulasi pelumas :
Gambar 3. Tipe Aditif


1 comment:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    ReplyDelete